Panduan Cara Daftar PKB Guru PAI Tahun 2017

Panduan Cara daftar PKB Guru PAI Tahun 2017 – PKB-GPAI adalah Program Perkembangan Keprofesian Berkelanjutan Guru Pendidik Agama Islam. Tim pengembangan PKB Guru PAI Direktorat Pendidikan Agama Islam Derektotat Jenderal Pendidikan Agama Islam Kememterian Agama RI Tahun 2017, memberikan keputusan atau info tentang pelaksanaan Kegiatan PKB untuk guru PAI.

Panduan Cara Daftar PKB Guru PAI Tahun 2017
PKB Guru PAI 2017

Adapun tujuan Program PKB G PAI  yaitu sebagai berikut:

1. Untuk mendapatkan hasil analisis yang bisa dijadikan rujukan untuk perbaikan sistem pelaksanaan program PKB PAI yang akan diimplementasikan secara menyeluruh.

2. Sebagai sarana yang cukup penting untuk melakukan uji sistem, uji konsep, uji pendukung yang lainnya.

3. Untuk menentukan dan memetakan tingkat kompetensi seorang guru atu pendidik.

4. Digunakan untuk menyusun profil kinerja pendidik untuk input program PKB-PAI.

5.Supaya dapat menghasilkan Guru atau pendidik PAI yang telah di latih sesuai dengan kebutuhannya untuk meningkatkan kompetensinya.

Nah itulah tujuan diadakanya Program Perkembangan Keprofesian Berkelanjutan bagi Guru PAI. Sedangkan untuk sasaran PKB G-PAI adalah Guru PAI PNS/Non PNS tersertifikasi dan Guru PAI PNS/Non PNS yang belum tersertifikasi dan terdaftar di SIMPATIKAi. Dan bila sudah masuk atau sudah terdaftar SIMPATIKA maka Anda wajib mengikuti programnya.

Panduan Cara daftar PKB Guru PAI Tahun 2017

Didalam Program SIM PKB tidak cuma diberlakukan untuk umum saja namun berlaku pula bagi guru yang mengajar Pendidikan Agama Islam (PAI) dan dibelakukan untuk semua guru PAI jenjang SD, SMP, SMA. Program ini memiliki materi kopetensi Pedagogik, Profesional, Sosial, Spiritual, Kepribadian,  dan leadership.


Panduan Cara daftar PKB Guru PAI 2017 terdapat beberapa Jenis-jenis Kegiatan diantaranya sebagai berikut :
  • Pelatihan Pedagogik 1 (Perencanaan Pembelajaran)
  • Pelatihan Pedagogik 2 (Model Pembelajaran)
  • Pelatihan Pedagogik 3 (Penilaian Pembelajaran)
  • Pelatihan Profesional 1 (Pendalaman Materi PAI)
  • Pelatihan Profesional 2 (Publikasi Ilmiah)
  • Jenis Pelatihan PKB-GPAI
  • Pelatihan Profesional 3 (Karya Inovatif)
  • Pelatihan Spiritual dan Kepemimpinan
  • Pelatihan Sosial dan Kepribadian
  • Pelatihan Penilaian Kinerja Guru PAI

Proses PKB PAI 2017 mempunya beberapa tahapan kegiatan evadiri serta pemetaan kopetensi online, PKB-GPAI dan PKG.

Cara Daftar SIM PKB PAI 2017

Cara mendaftar PKB Guru PAI sebetulnya cukup mudah karena Bapak/ibu Guru tinggal
menghubungi Pengawas PAI daerahnya masing-masing.

Untuk memperjelas alur proses pendaftarannya bisa Bapak/Ibu download melalui link dibawah ini

Download Alur Pendaftaran PKB G-PAI 2017

Cara Registrasi Sim PKB Guru Agama/PAI

Pencarian Data GTK pada sim PKB bagi guru PAI ini hampir sama dengan sim PKB guru yang kemarin sudah terbit, hal ini di kemukana oleh pihak terkait bahwa bagi guru di naungan kemenag atau mengajar guru PAI di seluruh indonesia di harap untuk segara mengikuti atau mendaftaraikan  dan cek peserta tersebut. fitur di dalamnya hampir sama di dalamnya terlebih memang ada vbeberapa pitur unggulan seperta cek nilai nantinya bisa di ikuti ketika sudah log ini.

Sejak diluncurkannya situs resmi registrasi/login Sim PKB yang menurut kabar yang mengedar ditujukan untuk semua GTK termasuk juga untuk guru Agama (Meskipun belumlah ada instruksi resmi dari pihak terkait yaitu Kementerian Agama). Tetapi informasi tersebut telah meluas menjadi viral di sosial media karena ada yang telah berhasil registrasi serta login dengan memakai nomor UKG tahun 2015 dan tahun 2016 (saat PLPG). Tetapi ada pula yang tidak berhasil bahkan ada yang cuma memerhatikan serta mungkin saja menanti event serta info yang pas.

Baca : Solusi Lupa Nomor UKG Dan Belum UKG Agar Dapat Login SIM PKB

Untuk Bapak/Ibu yang telah berhasil registrasi serta login, admin katakan tahniah, meskipun dengan hak akses masih tetap terbatas karna belum juga di ketahui harus melapor kemana buat validasi data. Sedang untuk yang belum juga berhasil melakukan registrasi berikut caranya.

  1. Klik link, https :// app. simpkb. id/akun/ptk 
  2. Lalu Isi Nama lengkap, Provinsi, dan Kabupaten/Kota tempat Saudatugas, kemudian klik " Cari-GTK ".  Bila berhasil maka akan muncul Nomor UKG Anda: 
  3. Sesudah nomor UKG diperoleh lakukan lngkah selanjutnya yaitu melakukan registrasi di link ini : https :// app. simpkb. id/akun/registrasi 
  4. Sesudah memperoleh aktivasi akun silakan login di link ini ; https :// paspor. simpkb. id/casgpo/login dengan memakai akun tersebut . 
  5. Sesudah berhasil login silakan lakukan perubahan data Mata pelajaran yang diampu. untuk Sekarang ini akses masih tetap terbatas pada perubahan mata pelajaran serta uploud foto profil).

Download Kisi-Kisi SIM PKB Bagi Guru PAI 2017/2018 DISINI

Demikaian info kali ini tentang Panduan Cara Daftar PKB Guru PAI Tahun 2017. Semoga dengan adanya program ini guru di Indonesia lebih profesional.