Jadwal Dan Persyaratan Pendaftaran CPNS Kemdikbud Tahun 2017

Jadwal Dan Persyaratan Pendaftaran CPNS Kemdikbud Tahun 2017 - Informasi dibukanya Penerima CPNS secara Online oleh pemerinta tentunya menjadi kabar gembira bagi masyarakat Indonesia karena ada kesempatan bagi masyarakat untuk menjadi CPNS. Untuk jadwal pendaftaran onlaine CPNS tahap 2 2017 di laksanakan pada Tanggal 11 September 2017 dan berakhir 25 September 2017.

Jadwal Dan Persyaratan Pendaftaran CPNS Kemdikbud Tahun 2017
Pendaftaran CPNS Online

Nah, bagai Anda yang ingin mendaftar tentunya masih ada waktu dan silakan persiapakan syarat pendaftaran CPNS dari sekarang sesuai persyaratan yang tertera sesuai Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud).


Jadwal Dan Persyaratan Pendaftaran CPNS Kemdikbud Tahun 2017

Pendaftaran CPNS Kemdikbud Tahun 2017 telah resmi dibuka untuk memberikan kesempatan bagi Warga Negara Indonesia untuk menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di lingkungan Kemendikbud dengan ketentuan atau Kriteria peryarataan Pelamar sebagai berikut:

Persyaratan Pendaftaran CPNS Tahun 2017

Berikut dua syarat pendaftaran cpns tahun 2017 sesuai kementrian pendidikan dan kebudayaan.

1. Persyaratan CPNS Jalur Umum
Memperoleh ijazah S1 atau S2 dari Perguruan Tinggi yang terakreditasi.
Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) S1 terendah 2, 75 (dibuktikan dengan transkip nilai yang diterbitkan dengan cara sah oleh Perguruan Tinggi yang bersangkutan).

Sehat jasmani, rohani serta tidak mengonsumsi/menggunakan narkotika, psikotropika, prekusor, dan zat adiktif lainnya (NAPZA). Surat keterangan NAPZA dari Rumah Sakit Pemerintah setempat yang masih berlaku disampaikan pada saat pemberkasan bagi pelamar yang telah dinyatakan lulus semua tahapan seleksi.

Berkepribadian/berkelakuan baik serta tidak pernah dihukum penjara atau kurungan berdasar pada putusan pengadilan yang mempunyai kekuatan hukum tetap karena melakukan tindak pidana penjara 2 (dua) tahun atau lebih.

Tidak pernah diberhentikan dengan hormat tidak atas permintaan sendiri atau tidak dengan hormat menjadi PNS/Anggota TNI/Polri atau diberhentikan tidak dengan hormat sebagai pegawai swasta.

Tidak berkedudukan sebagai CPNS atau Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan/atau tidak sedang menjalani perjanjian/kontrak kerja/ikatan dinas pada instansi lain, baik instansi didalam ataupun diluar lingkungan Kementerian Pendidikan serta Kebudayaan.

Tidak menjadi anggota atau pengurus partai politik atau ikut serta politik praktis. Memiliki kwalifikasi pendidikan sesuai dengan persyaratan jabatan. Bersedia diletakkan di semua lokasi Negara Kesatuan Republik Indonesia.

2. Persyaratan CPNS Jalur Khusus 

Bagi pelamar jenis formasi cumlaude/pujian berlaku persyaratan khusus sebagai berikut.

Bagi formasi S1:
Pelamar lulus S1 dengan predikat cumlaude/summa cumlaude dari program studi yang terakreditasi A pada lembaga Perguruan Tinggi Negeri atau swasta yang terakreditasi A oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) pada tahun ijazah dikeluarkan.

Bagi formasi S2:
Pelamar lulus S2 dengan predikat cumlaude/summa cumlaude dan memiliki ijazah S1 dengan predikat cumlaude/summa cumlaude dari program studi yang terakreditasi A pada lembaga Perguruan Tinggi yang terakreditasi A oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) pada tahun ijazah dikeluarkan.

Bagi pelamar jenis formasi umum, disabilitas, dan Putra/putri Papua dan Papua Barat berlaku persyaratan khusus sebagai berikut:

  • Mendapatkan ijazah S1 atau S2 dari Perguruan Tinggi yang terakreditasi;
  • Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) S1 paling rendah 2,75 (dibuktikan dengan transkip nilai yang diterbitkan secara sah oleh Perguruan Tinggi yang bersangkutan).
  • Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) S2 paling rendah 3,0 (dibuktikan dengan transkip  nilai yang diterbitkan secara sah oleh Perguruan Tinggi yang bersangkutan).


Jadwal Pendaftaran CPNS 2017


Berikut rencana penjadwal penerimaan CPNS Sesuai Kemdikbud Tahun 2017 berikut.


  • Pengumuman tentang Penerimaan CPNS di portal Nasional dan Kemendikbud dilaksanakan pada 5 September s.d. 19 September 2017.


  • Pendaftaran melalui CPNS Online di portal nasional (https://sscn.bkn.go.id/) dilaksanakan pada 11 September s.d. 25 September 2017.


  • Pendaftaran melalui CPNS Online di portal Kemendikbud (https://cpns.kemdikbud.go.id/) dimulai 11 September s.d. 26 September 2017.


  • Pengiriman berkas pelamar ke PO BOX  tanggal 12 September s.d. 27 September 2017 Terakhir cap pos tanggal 27 September 2017 dengan terakhir pengambilan berkas pelamar di PO BOX oleh panitia tanggal 2 Oktober 2017. Bagi berkas yang sampai batas akhir pengambilan belum masuk PO BOX dinyatakan tidak memenuhi persyaratan administrasi.


  • Seleksi administrasi dimuai 27 September s.d. 4 Oktober 2017.


  • Pengumuman daftar peserta, waktu dan tempat Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) dimulai 9 Oktober 2017 


  • Cetak Kartu Tanda Peserta dimulai Seleksi 9 Oktober s.d. 13 Oktober 2017.


  • Pelaksanaan Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) dimulai 14 Oktober 2017. Akhir penyelenggaraan SKD tergantung pada jumlah peserta.


  • Pengumuman Final kelulusan seleksi CPNS dilaksanakan pada 20 November 2017.


Nah itulah tencana jadwal pendaftaran CPNS dan tentunya  Jadwal ini bisa berubah sesuai dengan penetapan jadwal Panselnas.

Cara Pendaftaran CPNS Online 2017

Berikut tata cara pendaftaran cpns  tahun 2017 dapat anda simak dibawah ini:

1. Pelamar atau calon harus memiliki alamat email yang aktif untuk mengikuti proses rekrutmen CPNS Kemendikbud.

2. Pelamar wajib melakukan pendaftaran/registrasi secara online terlebih dahulu di portal nasional dengan alamat https://sscn.bkn.go.id. dengan mengisikan NIK (Nomor Induk Kependudukan), Nomor KK atau NIK Kepala Keluarga, alamat email aktif, dan password akun portal SSCN. Selanjutnya pelamar wajib mencetak Kartu Informasi Akun SSCN 2017.

3. Pelamar melakukan login ke portal SSCN dengan menggunakan NIK dan password yang telah didaftarkan dengan melengkapi biodata, memilih instansi, dan memilih jenis formasi sesuai instansi (pastikan bahwa instansi yang dituju adalah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, karena setiap pelamar hanya diperkenankan mendaftar pada 1 (satu) instansi, 1 (satu) jabatan, dan 1 (satu) jenis formasi). Selanjutnya pelamar dapat melakukan pendaftaran melalui portal mandiri instansi.

4. Pelamar melakukan proses pendaftaran melalui laman CPNS Kemendikbud dengan alamat https://cpns.kemdikbud.go.id dengan melakukan login aplikasi cpns online untuk melengkapi isian data pendaftaran online dengan tahapan:

  • mengisi formulir data pendaftaran CPNS online dan mencetak lembar formulir pendaftaran. Pelamar wajib memilih zona (wilayah) tempat seleksi sesuai dengan yang diinginkan; 
  • menyetujui Pernyataan Integritas bahwa data dan informasi yang disampaikan adalah benar; 
  • menyetujui pernyataan komitmen untuk melanjutkan proses lamaran apabila telah dinyatakan lulus pada tahap seleksi akhir; 
  • melakukan upload pas foto; dan 
  • mencetak Kartu Tanda Peserta Seleksi setelah dinyatakan memenuhi persyaratan (MP) administrasi.

Untuk lebih jelasnya mangenai Jadwal Dan Persyaratan Pendaftaran CPNS Kemdikbud Tahun 2017 dan pengumuman sesuai alur dapat anda unduh dibawah ini.

DOWNLOAD Formasi CPNS KEMDIKBUD


Demikian informasi yang dapat Admin bagikan mengenai Jadwal Dan Persyaratan Pendaftaran CPNS Kemdikbud Tahun 2017. Terimakasih dan semoga beranfaat.