Download Aplikasi Dapodik Versi Terbaru Tahun Pelajaran 2019/2020

Download Aplikasi Dapodik Versi 2020 – merupakan informasi menindaklanjuti teknis pada Aplikasi Dapodik versi sebelumnya, yang digunakan untuk proses entri data nilai rapor, US/USBN ke dalam Aplikasi Dapodik. Maka pada tahun pelajaran 2019/2020 semester 1 Dapodikdasmen telah meluncurkan dapodik versi terbarunya yaitu dapodik versi 2020. Dalam rangka terus meningkatkan kualitas data dan mendorong segera di entrikannya data maka Dapodikasmen telah melakukan perbaikan dan penyempurnaan Aplikasi Dapodik dengan dirilisnya pembaruan Aplikasi Dapodik Versi 2020.

Download Aplikasi Dapodik Versi Terbaru Tahun Pelajaran 2019/2020
Download Aplikasi Dapodik Versi 2020
Pembaruan Aplikasi Dapodik Versi 2020 berfokus pada pembaharuan menu baru diantaranya adalah menu Beranda yang meliputi: Standar Prasarana, Keamanan Aplikasi Dapodik, Struktur Database Terbaru, dan Penghapusan Tampilan Status Perizinan Kurikulum 2013.

Selain itu pada menu yang lain juga terdapat perubahan Peserta Didik, Guru dan Tenaga Kependidikan, Rombongan Belajar, Validasi dan masih banyak lagi. DITJEN DIKDASMEN KEMENDIKBUD telah melengkapi pembaruan versi sebelumnya, pada versi 2019 semua satuan pendidikan dapat menggunakan menu tersebut untuk jenjang sekolah (SD, SMP, SMA, SMK, dan SLB). Selain itu terdapat pula beberapa perbaikan menu lain sekolah, peserta didik, dan sarana yang dapat digunakan di satuan pendidikan. Berikut daftar dari pembaruan versi 2019.



Pembaharuan/Updater Aplikasi Dapodik Versi 2020 Terbaru

Adapun pembaruan/Updater dan perbaikan yang dilakukan pada Aplikasi Dapodik sebelumnya versi 2020 adalah sebagai berikut:

Daftar pembaharuan dapodik 2019 2020 semester 1

1). [Updater] Penambahan referensi Kurikulum 2013 Revisi
2). [Updater] Penamaan siswa dengan huruf kapital di awal kata
3). [Updater] Penambahan referensi Kurikulum Sekolah Perjanjian Kerjasama (SPK)
4). [Updater] Penambahan referensi Kepanitiaan Sekolah

5). [Updater] Penambahan referensi tugas tambahan Bendahara BOS
6). [Updater] Migrasi hasil integrasi PPDB ke dalam database Dapodikdasmen
7). [Updater] Proses kelulusan bersama untuk siswa tingkat akhir
8). [Updater] Penambahan peringatan dini saat penghapusan data yang berkaitan dengan tunjangan profesi guru

9). [Updater] Penambahan dan mengkadaluarsakan (meng-expired-kan) referensi tugas tambahan guru
10). [Updater] Penambahan referensi prasarana: lapangan, kantin dan lapangan parkir
11). [Updater] Penyatuan Database Dikdas dan Database Dikmen
12). [Updater] Mewajibkan sekolah memilih Kurikulum 2013 untuk rombongan belajar dengan tingkat 1, 7 dan 10 di semua jenjang
13). [Updater] Panambahan tabulasi pada Menu Validasi Lokal untuk mengecek referensi yang terikat dengan data sekolah, GTK, Peserta Didik, Sarpras dan Rombel
14). [Updater] Penambahan validasi dengan status warning untuk mengecek jumlah rombel berdasarkan rasio jumlah peserta didik

15). [Updater] Penambahan validasi dengan status warning untuk peserta didik SD yang berumur di bawah 5 tahun 6 bulan terhitung dari tanggal 01 Juli 2018
16). [Updater] Penambahan validasi dengan status invalid untuk semua TMT pada rincian GTK jika selisih tanggal lahir < 15 tahun dari TMT tersebut
17). [Updater] Penambahan fitur web service untuk digunakan oleh aplikasi selain Dapodikdasmen guna kepentingan sekolah

Untuk melihat lebih jelas Updater/Pembaharuan pada Aplikasi Dapodik 2019/2020 dapat di unduh DISINI

Pembaharuan/Updater Aplikasi Dapodik Versi 2019 Terbaru

Pada perubahan menu aplikasi yang paling terlihat yaitu ditambahkanya menu baru validasi untuk siswa,  pengaktifan isian tanggal mulai tugas dan TMT tugas pada tabel penugasan untuk GTK noninduk, validasi referensi pada menu validasi lokal, dan beberapa pembaruan lainnya. Kelompok menu Pada updater Dapodik versi 2019 ini memiliki fitur baru yang lebih lengkap.

Cara Melakukan Update Aplikasi Dapodik 2020

Sedangkan untuk melakukan update/pembaruan Aplikasi Dapodik 2020 yaitu dapat dilakukan dengn menggunakan 2 cara diantaranya sebagai berikut :

1. Cara UPDATER Aplikasi Dapodik 2020

Untuk lebih jelasnya silakan lihat dibawah ini cara install aplikasi dapodik versi 2019/2020 berikut:
  • Unduh file UPDATER Aplikasi Dapodik 2020 pada : DISINI
  • Lakukan installasi sampai dengan selesai.
  • Lakukan refresh (Ctrl + F5).
Saat ini Aplikasi Dapodik Versi terbaru 2020 telah menggunakan database yang baru, oleh karen itu Aplikasi Dapodikdasmen versi sebelumnya (2019, 2019b patch 1 dan patch 2) tidak sisa langsung di upgrade ke Dapodikd versi 2020, jadi silakan lakukan install ulang dan registrasi ulang. Aplikasi Dapodikd Versi tahun 2020 hanya dirilis dalam bentuk INSTALLER dan tidak ada versi UPDATER.

Cara Registrasi

Berikut cara menyiapkan Kode Registrasi Aplikasi Dapodik :

Kode registrasi adalah “kunci” untuk memuat data sekolah. Kode registrasi diterbitkan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah bagi sekolah yang telah terdaftar di PDSP-K dan memiliki NPSN.

Kode registrasi didapat dari dinas kabupaten/kota (KK-DATADIK) atau dengan cara login ke laman SDM di http://sdm.data.kemdikbud.go.id. Jika belum memiliki akun di http://sdm.data.kemdikbud.go.id, maka petugas pendataan di sekolah harus segera melakukan registrasi dengan melampirkan surat tugasnya sebagai Petugas Pendataan Dapodik.

Setelah mengambil kode registrasi sekolah dari laman http://sdm.data.kemdikbud.go.id maka pastikan kode registrasi tersimpan dan tercatat dengan baik serta tidak membagi/memberitahukan kode registrasi ini pada pihak yang tidak berkepentingan, jadi kode registrasi sifatnya RAHASIA.

Untuk sekolah baru dan belum memiliki kode registrasi, prosedur untuk memperoleh kode registrasi Aplikasi Dapodik yaitu:

  • Sekolah harus telah memiliki NPSN yang diterbitkan oleh PDSP-K.
  • Petugas pendataan melakukan registrasi atau mendaftar di laman: http://sdm.data.kemdikbud.go.id dengan melampirkan Surat Tugas atau SK Penugasan Petugas Pendataan (file dalam bentuk *.pdf).
  • Petugas pendataan dapat mengecek status approve atau persetujuan dari admin di PDSP-K.
  • Jika statusnya telah di-generate, maka petugas pendataan dapat melihat dan mengambil Kode registrasi pada laman http://sdm.data.kemdikbud.go.id sebagaimana dijelaskan di atas.

Tujuan Pembaharuan Aplikasi Dapodik Versi 2020

Pembaruan Aplikasi Dapodik 2019/2020 semester 1 ini dilakukan untuk memudahkan petugas pendataan supata dapat melakukan pemetaan Validasi siswa, dan Validasi TMT pada Rincian GTK jika Selisih Tanggal Lahir < 15 Tahun dari TMT Tersebut, sarana pendataan komite sekolah dan validasi dengan mudah.

# Penambahan Validasi Referensi

Untuk memudahkan petugas pendataan mengecek validasi yang terkait dengan referensi, di versi 2019 ditambahkan tabulasi Referensi pada menu validasi lokal. Ini bertujuan untuk melihat validasi referensi yang yang terikat dengan isian data sekolah, GTK, peserta didik, prasarana dan sarana, dan rombongan belajar.

# Penambahan Validasi TMT pada Rincian GTK jika Selisih Tanggal Lahir < 15 Tahun dari TMT Tersebut.

Penambahan validasi ini bertujuan untuk meminimalisir pengiriman data invalid khususnya isian GTK (Guru dan Tenaga Kependidikan). Jika ada isian TMT (Tanggal Mulai Tugas) pada rincian GTK memiliki selisih kurang dari 15 (lima belas) tahun dari tanggal lahir dan tanggal mulai tugas di sekolah tersebut maka dianggap invalid.

Informasi cara penggunaan aplikasi dapodik secara lengkap dapat dipelajari pada Panduan Teknis Aplikasi Dapodik Versi 2020 yang dapat anda unduh dibawah ini.

Link Alternatif Download Apliasi Dapodik 2020



Link Unduhan



Demikian informasi yang dapat andmin bagikan mengenai Download Updater Aplikasi Dapodik Versi Terbaru Tahun Pelajaran 2020 ini semoga dapat bermanfaat.