Panduan Cara Isi Nilai Raport di Dapodik Jenjang SD

Panduan Cara Isi Nilai Raport di Dapodik SD – merupakan panduan lengkap yang akan admin bagikan buat bapak/ibu guru yang masih bermasalah dalam peninputan nilai peserta didiknya.

Lalu bagaiman cara isi nilai raport pada aplikasi dapodik yang benar ? cara yang benar adalah untuk Nilai yang dimasukan pada aplikasi dapodik yaitu nilai akhir raport US, dan USBN. Kemudian jangan lupa isi kolomnya, yaitu KMM,Nilai dan Prediksi. Sedangkan untuk entri nilai raport disi oleh wali kelas dan guru mata pelajaran sesuai akses di Aplikasi Dapodik.

Fitur terbaru pengisian nilai rapor dan nilai US/USBN untuk tingkat SD yang terdapat dapodik versi 2017c merupak seuah kabar gembira karena terdapat fitur upload nilai lewat login oprator sekolah, sedangkan sebelumnya harus login akun PTK, semoga dengan penambahan fitur ini, akan mempermudah kerja Operator. Tidak seperti aplikasi sebelumnya cuma bisa entri nilai raport untuk sekolah SMP, SMA, dan SMK saja.

Panduan Legkap Cara Isi Nilai Raport di Dapodik Jenjang SD
Input Nilai Raport Dapodik

Dalam panduan resmi dari kemdikbud sudah disebutkan tugas-tugas dalam pengisian nilai raport di dapodik, untuk operator hanya membuatkan mata pelajaran evaluasi di aplikasi dapodik, sedangkan untuk guru yaitu mengisi nilai raport dengan login menggunakan akun PTK yang telah dibuatkan oleh operator. Berikut untuk lebih jelasnya :

Panduan Cara Isi Nilai Raport Dapodik Untuk Jenjang SD

Berikut langkah yang harus dilakukan :
  • Pastikan aplikasi dapodik anda sudah menggunakan versi 2017c dan instal sampai selesai. Bila belum punya silahkan download DISINI.
  • Lakukan generate prefill rapor di halam resmi generate prefill raport, jika belum tau caranya silahkan bisa.
  • Persiapkan akun PTK anda yang nantinya akan digunakan oleh guru untuk login.

Jika syarat-sarat diatas semua sudah diselesaikan tinggal langkah inti yaitu mengisi nilai raport di dapodik, untuk pengsian Nilai raport di dapodik ini mempunyai peran atau tugas sendiri-sendiri.

Tugas Operator Sekolah dalam Penginputan/pengisian nilai rapor di dapodik

Menyiapkan aplikasi sampai siap digunakan (hal ini adalah langkah awal yang sudah saya terangkan di atas)
Membuat akun PTK dapodik dan mengajarkan kepada guru cara login dapodik menggunakan akun PTK.

Membuat mata evaluasi di aplikasi dapodik menggunakan login operator, cara membuat mata evaluasi pertama yang harus dilakukan adalah login terlebihdahulu menggunakan akun operator, klik nilai dan pilih rapor maka akan muncul tampilan seperti di bawah ini :

Cara Guru isi nilai raport di dapodik

  1. Dalam hal ini guru kelas SD sangatlah berperan dalam pengisial nilai araport, dikarenakan jika operator yang mengisi dengan menggunakan login operator di dapodik tidak akan bisa, untuk pengisian nilai raport di dapodik hanya bisa dilakukan melalui akun ptk yang telah dibuat di dapodik.
  2. Halama login aplikasi dapodikdasmen, inputkan username (email guru) dan password lalu pilih periode tahun ajaran yang akan diinputkan data nilai rapor,
  3. Tampilan aplikasi dapodikdasmen setelah login dengan menggunakan login guru
  4. Pilih menu nilai pada sidebar lalu akan muncul menu rapor,
  5. Pilih tahun ajaran semester yang akan diinputkan.
  6. Pilih rombongan belajar peserta didik yang akan dimasukkan nilai rapor.
  7. Setelah itu akan muncul nama mata evaluasi serta no urutnya sesuai mata evaluasi yang telah operator tambahkan,
  8. Klik 2 kali untuk pengisian nilai
  9. Tunggu hingga proses pengambilan data nama serta isian kolom nilai untuk peserta didi selesai,


Nah itulah cara isi nilai raport di plikasi dapodik, cukup mudah bukan..? Agar bapak/ibu guru lebih jels mengenai panduan ini silakan anda unduh panduan input nilai raport dengan mudah yang dilengkapi dengan gambar dibawah ini:


Untuk Surat Edaran Batas Akhir Pengisian Nilai Raport, US Dan USBN Di Dapodik 2017 dapat anda lihat DISINI


Demikian informasi yang dapat admin bagikan buat bapak/ibu guru mengenai Cara isi Nilai Raport di Dapodik 2017 untuk Sekolah Dasar.