Download Pos US SD/MI Tahun 2019 Telah Rilis

Pos US SD/MI Tahun 2019 –  Merupkan Prosedur Oprasional Setandar sebagai sebuah acuan yang tidak terpisahkan dari peraturan Kepala Badan Penelitian Dan Pengembangan tentang POS US SD 2019.

Pos US SD/MI Tahun Pelajaran 2019 Terbaru

Download Pos US SD/MI Tahun 2019 Telah Rilis

Pos US SD/MI 2019 adalah rutinitas kegiatan pengukuran dan penilian kompetensi peserta didik untuk semua muatan/mata pelajaran dan muatan lokal.

Dalam penyelenggaran ujian sekolah SD/MI atau bentuk lainya yang sederajat, perlu menetapkan peraturan Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan tentang Prosedur Oprasional Setandar Ujian Sekolah/Madrasah pada Sekolah Dasar/Madrasah, Ibtidaiyah, SD Luar Biasa, dan Penyelenggraan Proggrm Paket A/Ula tahun Pelajaran 2018/2019.

Adapun Praturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Bahwa sesuai dengan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 4 Tahun 2018 tentang Penilaian Hasil Belajar oleh Satuan Pendidikan dan Penilaian Hasil Belajar oleh Pemerintah perlu menetapkan Prosedur Operasional Standar yang mengatur penyelenggaraan Ujian Sekolah Berstandar Nasional pada Pendidikan
Dasar dan Menengah Tahun Pelajaran 2018/2019.

Prosedur Oprasioanal Standar, yang disebuat POS adalah langkah baku yang mengatur teknis pelaksanaan serta menjadi dasar dan acuan dalam penyelenggaraan US/M atau Pos US SD 2019 ini.
Standar nasional Pendidikan merupakan kriteria minimal tentang sistem pendidikan diseluruh wilayah hukum negara kesatuan Rebublik Indonesia.

Persyaratan Peserta US atau USBN 2019

Peryaratan peserta USBN/US SD/MI/SDTK/SPK, SDLB/MILB, dan yang sederajat adalah :
  • Telah atau pernah berada pada tahun terakhir pada SD/MI/SDTK/SPK, SDLB/MILB, atau Program Paket A/Ula.
  • Memiliki laporan lengkap penilaian hasil belajar mulai kelas IV semester 1 (satu) sampai dengan kelas VI semester 1 (satu) untuk peserta didik pada SD/MI/SDTK/SPK dan SDLB/MILB.
  • Memiliki laporan lengkap penilaian hasil belajar setingkat SD/MI/SDTK/SPK dan SDLB/MILB, mulai kelas IV semester 1 (satu) sampai dengan kelas VI semester 1 (satu) untuk peserta didik pada Program Paket A/Ula.

Kebijakan POS US SD/MI 2019 Kemdikbud


Dalam Peraturan dan kebijakan Kemdikbud tentang POS US/M 2019, Pemerintah akan menyelenggarakan Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) atau US mulai dari jenjang SD/MI sampai dengan SMA/MA  dan  sederajat pada tahun 2019. Kebijakan dituangkan dalam Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan. Melalui USBN, diharapkan ada peningkatan kompetensi guru dalam melakukan penilaiaan pendidikan, sedangkan bagi siswa diharapkan dapat diukur capaian kompetensi mereka setelah menyelesaikan program pendidikan pada jenjang tertentu.

Mata Pelajaran Sesuai POS US SD/MI 2019

Kemdikbud, menjelaskan dahwa Ujian Sekolah pada jenjang SD/MI, tahun ini tetap tiga mata pelajaran yang akan diujikan, yaitu Bahasa Indonesia, Matematika, dan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA), dengan porsi soal sekitar 90 persen pilihan ganda dan 10 persen esai

Ketiga muatan/mata pelajaran tersebut merupakan mata-pelajaran yang sebelumnya diujikan dalam Ujian Sekolah/Madrasah (US/M). Sedangkan untuk mata pelajaran Pendidikan Agama, PPKn, Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS), Seni Budaya dan Keterampilan, Penjaskes dan Olahraga, naskah soal ujian 100 persen disiapkan oleh satuan pendidikan.

Untuk program Paket A mata pelajaran yang diujikan dalam USBN atau US SD/MI adalah Bahasa Indonesia, Matematika, IPA, IPS, dan PPKn. Semua muatan pelajaran tersebut yaitu mata pelajaran yang sebelumnya telah diujikan dalam US/M Pendidikan Kesetaraan. 

Nah, untuk lebih jelasnya mengenai isi POS US SD/MI 2019, TP 2018/2019 dapat anda unduh pada tautan dibawah ini.


DOWNLOD POS USBN SMP/MTs, SMA/MA, SMK,DISINI

Sedangkan untuk POS UN 2019 SMP, SMA SMK dapat anda unduh dibwah ini.


Demikianlah artikel kali ini mengeni Pos US SD/MI Tahun 2019 dapat bermanfaat. Dan jangan lupa dowload juga Kisi-Kisi US SD/MI tahun 2019  terbaru untu pedoman pelaksanaan USBN SD/MI tahun pelajaran 2018/2019.