Pos UN Untuk SMP, SMA, SMK Tahun 2018 Terbaru

Pos UN Untuk SMP, SMA, SMK Tahun 2018 Terbaru - Prosedur Operasional Standar (POS) Penyelenggaraan Ujian Nasional (UN) ini merupakan revisi terbaru yang diterbitkan oleh BSNP  setiap tahuannya sebelum proses ujian dilaksanakan. POS UN merupakan langkah baku mengatur teknis pelaksanaan UN yang menjadi dasar dan acuan dalam penyelenggaraan UN SMP, SMA, SMK tahun pelajaran 2017/2018.
Pos UN Untuk SMP, SMA, SMK Tahun 2018 Terbaru
Pos UN Untuk SMP, SMA, SMK Tahun 2018 Terbaru

Sebagai persiapan dini bagi pihak sekolah yang akan penyelenggaran Ujian Nasional 2017/2018 pastikan untuk mengikuti prosedur sesuai POS UN 2018 revisi terbaru yang ditetapkan BSNP. Peraturan yang tertera dalam Kebijakan POS UN yaitu meliputi Persyaratan umum peserta UN, Penyelenggara UN, Pelaksana UN, Persiapan UN, Penyiapan Sistem UNBK, Bahan UN sesuai Kisi-Kisi Ujian Nasional, Jadwal UN Tahun Pelajaran 2017/2018, Tata tertib UN dan masih banyak lagi.

Hal-hal lain yang perlu diketahui mengenai POS UN yang ditetapkan oleh BSNP 2018

Selain itu sesuai kebijakan BSNP POS UN tahun 2018 yang terterda pada materi yang akan di ujikan yaitu meliputi Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika, dan Satu mata pelajaran untuk diujikan dari jurusan/peminatan (IPA, IPS, Bahasa, Keagamaan). Untuk pelaksanaan UN Gelombang II hanya untuk perbaikan nilai saja dan Peserta UN 2016/2017 yang ingin memperbaiki, mendaftar melalui sekolah asal dan jadwalnya saat UN Susulan untuk SMA Sederajat. Download Kebikjakan dan POS UN DISINI


Pos UN SMP, SMA, SMK Tahun 2018 Terbaru Sesuai Standar BSNP

POS UN adalah ketentuan peratuaran yang dibuat oleh BSNP dengan tujuan mengatur penyelenggaraan serta teknis pelaksanaan Ujian Nasioanal (UN).

Dalam atauran penyelenggaraan serta teknis proses POS UN 2018 sesuai standar BSNP Prosedur POS UN tahun 2018 terbaru ini mengatur penyelenggaraan dan pelaksanaan Ujian Nasional tingkat SMP/MTs/SMPTK, SMK/MAK, dan SMA/MA serta program paket b/wustha, serta program paket c tahun pelajaran 2017/2018.

Kebijakan POS UN 2018

Berikut beberapa syarat peserta Ujian Nasional dari pendidikan formal didalam POS UN SMP, SMA, SMK 2018 berikut ini :

Peserta didik tercatat /terdaftar pada SMP/MTs/SMPTK, SMA/MA/SMAK/SMTK, SMK/MAK, serta SPK.

Peserta didik SMK/MAK Program 4 (empat) tahun yang sudah menuntaskan sistem pembelajaran sepanjang 3 (tiga) tahun.

Peserta didik yg memiliki ijazah atau surat keterangan lain yang setara, atau berpenghargaan sama juga dengan ijazah dari unit pendidikan yang satu tingkat lebih rendah. Penerbitan ijazah dimaksud sekurang-kurangnya 3 (tiga) tahun terlebih dahulu ikuti US, atau sekurang-kurangnya 2 (dua) th. untuk peserta program SKS.

Untuk peserta UN program SKS mesti datang pada unit pendidikan yang terakreditasi A serta memiliki izin penyelenggaraan program SKS.

Peserta didik Warga Negara Indonesia (WNI) pada Unit Pendidikan Hubungan kerja (SPK) harus ikuti UN untuk semua mata pelajaran yang diujikan sesuai ketetapan yg berlaku pada pendidikan resmi.

Peserta didik yang belajar di SPK di Indonesia bisa mendaftar serta ikuti UN pada unit pendidikannya yang atau unit pendidikan pelaksana UN terakreditasi A yang diputuskan oleh Dinas Pendidikan sesuai sama kewenangannya.

Pendaftaran Peserta Ujian Nasional di POS UN 2018


  • Sekolah/Madrasah pelaksana UN melakukan pendataan calon peserta.
  • Sekolah Madrasah pelaksana Ujian Nasional harus mengirimkan data calon peserta ke Data Pokok Pendidikan (Dapodik) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) dan kirim tembusannya ke Panitia UN Tingkat Provinsi/Kabupaten/Kota sesuai kewenanganya.
  • Panitia Tingkat Propinsi/Kabupaten/Kota sesuai kewenangannya melaksanakan verifikasi calon data peserta untuk diputuskan jadi Daftar Nominasi Sesaat (DNS) serta mengirimkannya ke unit satuan pendidikan.
  • Unit pendidikan melaksanakan verifikasi DNS serta melakukan pengiriman hasilnya ke Panitia UN Tingkat Propinsi/Kabupaten/Kota sesuai dengan kewenangannya.


Jadwal UN/UNBK 2018 SMP, SMA SMK

Berikut untuk lebih jelasnya :


  • Jadwal UNBK dan UNKP SMP/MTs dan SMPLB  tanggal 23-26 April 2018
  • Jadwal UNKP dan UNBK Susulan SMP/MTs dan SMPLB  tgl 8 - 9 Mei 2018
  • Jadwal UN SMK tanggal 2 - 5 April 2018
  • Jadwal UN SMA/MA sederajat 9 - 12 April 2018
  • UN Susulan SMK dan SMA/MA sederajat 17 - 18 April 2018
  • Jadwal UNBK SMA/MA/SMAK/SMTK 9 - 12 april 2018
  • Jadwal UNBK SMK 2 - 5 April 2018
  • Jadwal UNBK Susulan SMA/MA/SMAK/SMTK 17 - 18 April 2018


Nah untuk mengetahui  lebih jelas mengenai POS UN revisi terbaru tahun 2018 dan Jadwal UN 2018 dan USBN 2018 maka silakan download Pos UN yang ditetapkan oleh BSNP 2017/2018 untuk SMP, SMA, SMK dibawah ini


Demikian informasi mengenai Pos UN Untuk SMP, SMA, SMK Tahun 2018 Terbaru yang dapat admin bagikan buat anda. Semoga informasi diatas dapat bermanfaat.