Proses Cara Verval Data Kependudukan Di SIM PKB Yang Benar

Cara Verval Data Kependudukan Di SIM PKB - Info GTK pada https://app.simpkb.id telah memiliki fiktur baru yaitu verval data kependudukan. Adapun fungsi dari menu yang ada pada Aplikasi SIM-PKB tersebut adalah dapat digunakan untuk edit data KTP dan NIK dll.

Cara Verval Data Kependudukan Di SIM PKB

Dengan adanya update menu terbaru di akun simPKB guru tentunya memberi kemudahan saat melakukan edit profil/verval data kependudukan dengan mudah. Untuk proses melakukan verval data silakan melengkapi formulir data Ektp di akun SIM PKB masing-masing.

Cara Verval Data Kependudukan Di SIM PKB Yang Benar

Informasi Verifikasi verval Data Kependudukan di PKB 2018 tentunya harus dilaksanakan karena untuk memastikan bahwa data diri anda benar-benar valid sesuai data Dukcapil.

Lalu Bagaimana Cara Verval Data Kependudukan Di SIM PKB ?

Adapun cara verval SIM PKB untuk melengkapi data penduduk yaitu cukup mudah. Silakan persiapakan berkas diantaranya adalah Nomor Induk Kependudukan (NIK), Nama Lengkap, Tgl, propinsi, kabupaten, kecamatan, desa nama RT/RW, agama, status perkawinan, alamat dan status kwarganegaraan dan yang terakhir opload hasil scan E-KTP.

Cara Opload Verval Data EKTP

Untuk format scan-KTP yang diopload dalam Verval Data Kependudukan berbentuk JPEG/JPG/PNG dengan maksimal kapasitas file yang diunggah yaitu 1 MB.

Tujuan verval KTP pada simpkb.id  akan di cocokan dengan data data kependudukan dengan data yang ada di Ditjen Dukcapil Kemeneterian Dalam Negeri. Sampai kini data kependudukan komplet baru ada dalam Dapodik tapi sekarang ini data lengkap guru akan dimasukan dalam SIM PKB lewat menu verval data kependudukan. 

Langkah – Langkah Verval Data Kependudukan Dalam SIM PKB

Untuk melakukan proses verivikasi berkas validasi data kependudukan dalam app.simpkb.id, anda harus login terlebih dahulu dan masukan paswoad secara lengkap.

Usahakan userid dan paswod di paspor SIM PKB jangan sampai lupa. Tetapi bila memang bapak atau ibu lupa usernya silakan ajukan paspor baru melalui dinas pendidikan atau ketua komunitas.

Nah, untuk  lebih jelasnya mengenai tata cara verval data kependudukan di sim PKB yang benar silakan baca langkahnya dibawah ini.

1# Kunjungi halaman SIM PKB https://app.simpkb.id

2# masukan user dan passwod

3# Setelah proses login berhasil, Cara dan pilih Menu Profilku

Akan muncul gambar seperti dibawah ini


4# Silakan isikan data diri Anda yang meliputi :

  • Isi NIK sesuai dengan di KTP
  • Isi Nama Lengkap sesuai KTP
  • tempat lahir
  • tanggal, bulan, dan pilih tahun yang sesuai
  • pilih jenis kelamin
  • pilih golongan darah yang sesuai dalam KTP
  • nama propinsi kabupaten, kecamatan, dan desa
  • ketik alamat tempat tinggal
  • Ketik Nomor RT/RW
  • Pilih agama,status perkawinan, status kewarganegaraan
  • Kemudian opload EKTP yang telah di scan

5# Setelah selesai mengisi data Klik LANJUT hingga akan menampilkan konfirmasi dberkas valid atau atu tidak. Jika masih ada kekeliruan dalam pengisian data Klik Kembali untuk mengedit kembali. Apabila sudah yakin data yang di isi sudah benar Klik SIMPAN


Itulah cara verval Ektp Aplikasi SIMPKB pada website https://paspor.simpkb.id/casgpo/login sesuai anjuran.

Mudah - mudahan setelah melakukan verval data kependudukan di SIM PKB maka data kependudukan akan terekam dan verivikasi oleh LPMP Propinsi.

Jika Terjadi Masalah


Fiktur verval data kependudukan saya ngak bisa dibukak masih terkunci/tergembok kenapa ya..?
  • Apabila Anda akan melakukan verval data kependudukan di SIM PKB, tetapi menu untuk pengisian data seperti di atas belum tersedia atau tersedia namun masih ada simbol gembok, itu berarti Bapak Ibu belum diperkenkan untuk melakukan verval data - data kependudukannya. 
  • Jadi janagan kuatir dan panik, bila menghadapi masalah menu tergembok atau tidk bisa dibuka. Memang fitur di SIM PKB para guru tidak semuanya bisa diedit sendiri, melainkan ada operator khusus yang telah diberi tugas/wewenang untuk mengedit data para guru, misalnya operator yng menangani beberapa guru yang ada di komunitas SIM PKB Anda.

Demikian info yang dpat kami sampaiakan terkait edit profil data penduduk di akun PKB. Janagan lupa ikuti terus perkembangan info yang terbaru dan akurat tentang Verval Data Kependudukan SIM PKB dari Kepala Sekolah Masing-masing.