Membuat Akun Kepala Sekolah Dapodik Untuk Login DHGTK

Membuat Akun Kepala Sekolah di Dapodik Login DHGTK 2018 – Pada postingan kali ini admin akan berbagi mengenai Cara Membuat Akun Kepala Sekolah di Dapodik untuk dapat masuk aplikasi DHGTK 2018. Pentingnya akun/user id Kepala Sekolah di aplikasi DHGTK adalah digunakan untuk Mengunci DHGTK. Maka dari itu kami akan mencoba membagikan Cara Membuat Akun Kepala Sekolah di DHGTK melalui aplikasi dapodik.

Kegunaan Akun Kepala Sekolah Dapodik di DHGTK 2018

Membuat Akun Kepala Sekolah Dapodik Untuk Login DHGTK

Membuat Akun Kepala Sekolah Dapodik Untuk Login DHGTK

Kegunaan atau manfaat Akun Kepala Sekolah Dapodik Untuk dapat login DHGTK 2018 ini cukup banyak sekali, diantaranya adalah untuk Login Kepala sekolah di DHGTK online, agar bisa mengunci dhgtk online, untuk cetak SPTJM DHGTK, Memantau dan mengevaluasi petugas absen online (DHGTK) setiap hari.

Jadi inti dari adanya akun kepala sekolah dapodik ini memiliki kegunaanya yang cukup banyak, maka dari itu bagi rekan-rekan yang ingin menggunakan akun Kepsek demi dapat login absen onlin DHGTK, maka harus membuat akun kepala sekolah di dapodik terlebih dahulu.

Nah, itulah peran dan tanggungjawab kepala sekolah di DHGTK. Tetapi, jika bapak/ibu agar dapat login DHGTK kepala sekolah harus memiliki user id kepala sekolah di dapodik. Sistem informasi DHGK sangat erat kaitannya dengan aplikasi dapodik pada satuan pendidikan karena dalam melakukan pengisian atau pencatatan data kehadiran guru secara online menggunakan dua user untuk masuk ke sistem tersebut yaitu user operator dapodik dan user kepala sekolah.

langsung saja ya ke pembahasan pertama yaitu proses Membuat Akun Kepala Sekolah di Dapodik Untuk login DHGTK 2018. Aplikasi Dapodik adalah aplikasi yang di gunakann dalam dunia pendidikan untuk mendata berbagai kepentingan pada satuan pendidikan dari tingkat Paud, SD, SMP hingga ke jenjang SMK/MA/SMA. Dari mulai data peserta didik, data GTK, profil sekolah, dan masih banyak yang lainnya.

Cara Membuat Akun Kepala Sekolah di Dapodik Untuk Login DHGTK 2018



  • login dapodik/masuk ke aplikasi dapodik nya,
  • Setelah berhasil login Pilih menu GTK, lalu Pilih Guru yang terdapat di bagian menu kiri.
  • Kemdian Klik ubah, selanjutnya sekrol kebawah cari menu pengisian email, setelah ketemu situlah masukkan email nya.
  • Sesudah email di masukan silakan klik tombol simpam/save.


  • Setelah itu pilih nama Kepala Sekolah kemudian klik Penugasan


  • Bila telah klik penugasan langkah setelah itu yaitu, tentukan menu buat/ubah akun PTK, Kemudian buat Password serta dan konfirmasi password.
  • Bila telah terisi semuanya, klik simpan.
  • Untuk mengeceknya, Pilih menu Pengaturan di Dapodik dan klik menu Manajemen Pengguna kemudian isi Kode Registrasi Sekolah. Klik OK. kemudian keluar dari aplikasi dapodik lalu masuk lagi memakai akun Kepala sekolah yang barusan di buat.
  • Kemudian Logout sekali lagi dari dapodik. masuk ke Akun OPS lagi, kemudian Sinkronisi aplikasi dapodiknya, Tunggulah beberapa hari  untuk dapat login DHGTK on-line menggunakan akun kepala sekolah yang telah dibuat di dapodik.
  • SelesaI.

Peran Kepala Sekolah Pada DHGTK Online

Kepala sekolah adalah pemimpin. Maka tanggung jawab kepala sekolah disini adalah untuk:


  • Mengalokasikan pembiayaan (dana BOS) untuk pelaksanaan DHGTK karena dilaksanakan secara full online.
  • Menunjuk atau menugaskan petugas khusus untuk melakukan pengerjaan DHGTK atau absen online ini baik dari Operator sekolah maupun dari GTK yang ada di satuan pendidikan.
  • Melakukan sosialisasi kepada para GTK terkait dengan adanya absen online (DHGTK) karena program ini berkaitan dengan pemberian tunjangan profesi.
  • Mencetak SPJTM untuk mengunci DHGTK setiap 1 bulan atau 3 bulan sekali.
  • Melaksanakan pengisian DHGTK dengan menjungjung tinggi kejujuran dalam mengisi kehadiran GTK.
  • Mengevaluasi petugas absen (DHGTK) setiap harinya.

Baca Juga : Link Alternatif DHGTK 2018 Jika Terjadi Error

Itulah langkah-langkah Cara Membuat Akun Kepala Sekolah di Dapodik Untuk dapat Masuk DHGTK 2018 yang bisa admin berikan. Semoga postingan kali ini dapat berguna buat bebrapa rekanan semuanya saat akan membuat akun kepala sekolah dapodik.