Download Juknis BOP RA Tahun 2019 Terbaru

Download Juknis BOP RA Tahun 2019 Terbaru  - merupakan Petunjuk Teknis acuan Bantuan Operasional Pendidikan bagi Raudlatul Athfal di Tahun Anggaran 2019. Raudlatul Athfal (RA) adalah lembaga pendidikan anak usia dini yang diselenggarakan dengan jalur formal. Program BOP adalah salah satu program utama pemerintah yang bertujuan untuk mendukung kesuksesan program PAUD di Indonesia.

Download Juknis BOP RA Tahun 2019 Terbaru
Download Juknis BOP RA Tahun 2019 Terbaru

Bantuan Oprasioanal Pendidikan (BOP) ini bisa digunakan oleh RA untuk kebutuhan biaya oprasional non prsonalia dengan jenis pengeluaran atau biyaya sebagaimana yang tertera di Permendiknas No.69 Tahun 2009. Berdasarkan juknis bop RA adalah program pemerintah yang berupa pemberian dana kepada Raudlatul Athfal yang besarnya dihitung berdasarkan jumlah siswa pada masimg-masing RA.

Besaran Biaya Dana BOP RA Berdasarkan Juknis Tahun 2019

Nah untuk besaran biaya BOP RA tahun anggaran 2019 sesuai juknis memang tidak mengalami perubahan. Untuk sasaran dari bantuan ini adalah semua RA di seluruh Indonesia yang telah memiliki izin operasional dengan besaran dana bantuan oprasional pendidikan sebesar Rp. 300.000,-/siswa/tahun. Pemberian bantuan dana BOP RA ini diharapkan dapat mendorong kereatifitas kepala RA untuk mengenlola tenaga kependidikannya agar menjadi lebih baik segingga akan tercantum tujuan lembaga pendidikan yang ideal.

Tujuan BOP RA Berdasarkan Juknis BOP RA 2019

Sedangkan untuk tujuan program BOP RA bertujuan untuk mewujudkan layanan pendidikan yang terjangkau dan bermutu bagi semua lapisan masyarakat dalam rangka mendukung Program PAUD. 

Adapun tujuan secara khusus program BOP adalah :

  • Membantu biaya operasional RA.
  • Mengurangi angka putus sekolah pada RA
  • Meningkatkan Angka partisipasi Kasar (APK) siswaRA.
  • Mewujudkan keberpihakan pemerintah (affirmative action) bagi siswa RA dari keluarga tidak mampu dengan membantu (discount fee) tagihan biaya sekolah.
  • Memberikan kesempatan yang setara (equal opportunity) bagi siswa kurang mampu pada RA untuk mendapatkan layanan pendidikan yang terjangkau dan bermutu.


Download Juknis BOP RA Tahun 2019

Pengelolaan program BOP RA anggaran 2019 menjadi kewenangan RA secara mandiri dengan melibatkan kepala RA, Dewan Guru dan Komite RA. Bagi seluruh RA yang menerima program BOP harus mengikuti pedoman atau petunjuk yang telah ditetapkan oleh Kementerian Agama. Supaya program ini dapat tepat sasaran dan tepat laporan maka bagi yang membutuhkan Juknis BOP RA 2019 untuk tahun anggaran 2019 dapat Anada unduh pada tautan dibawah ini:



Demikian informasi yang dapat admin bagikan mengenai Juknis BOP RA tahun 2019. Semoga petunjuk BOP diatas dapat bermanfaat dan terimakasih.