Download Panduan SisPenA S/M Terbaru 2019

Panduan SisPenA S/M Terbaru 2019 – SispenA adalah Sistem Informasi Penilaian Akreditasi Badan Akreditasi Nasional Sekolah/Madrasah.  Nah, untuk kesempatan kali ini Admin akan membagikan panduan lengkap aplikasi SispenA untuk bapak/ibu Guru.

Download Panduan SisPenA S/M Terbaru 2019
Panduan SisPenA S/M 

Panduan SispenA S/M yang akan Admin bagikan ini dapat diguna untuk tat cara pengunaan aplikasi yaitu aplikasi SisPenA S/M atau kepanjangan dari Sistem Penilaian Akeditasi Sekolah dan Madrasah dimana aplikasi tersebut berguna untuk aplikasi penilaian sekolah dan madrasah.

Panduan Lengkap  SisPenA S/M Terbaru untuk Sekolah

Tutorial ini akan memberikan pemahaman kepada Sekolah bagaimana menggunakan Aplikasi SisPenA (Sistem Penilaian Akreditasi Sekolah dan Madrasah.)

Aplikasi SisPenA S/M adalah aplikasi penilaian akreditasi yang berbasis web, yang sangat mudah diakses dimana saja, kapan saja dengan syarat terhubung dengan internet.

Aplikasi ini pun tidak hanya bisa diakses menggunakan Laptop atau komputer tetapi dapat juga diakses menggunakan handphone ataupun tablet yang resolusinya lebih kecil.

Cara Mengakses Aplikasi SisPenA S/M Yang Benar

Adapun langkah – langkah untuk mengakses atau menggunakan aplikasi SisPenA S/M yaitu :
  • Buka terlebih dahulu situs ini https://bansm.kemdikbud.go.id/sispena/login sispena .
  • Selanjutnya masukkan user dan password yang dimiliki. dan pilih level pengguna yaitu Sekolah.
  • Ketika pertama kali masuk kedalam halaman login. Sistem akan langsung menampilkan jendela form yang harus diisi oleh sekolah.
  • Isilah Form tersebut dan ubahlah password. user anda tetaplah NPSN dengan password atau kata sandi yang sudah dirubah untuk bisa mengakses dan masuk kembali kedalam sistem ini nantinya.
  • Setelah selesai mengisi lengkap Profile Sekolah. Selanjutnya akan akan masuk ke area penilaian evaluasi diri.
  • Dalam tabel sekolah yang tampil terdapat banyak button atau tombol yang berfungsi untuk memberikan penilaian evaluasi diri sekolah, memasukkan IPDIP sekolah, mengunggah prasyarat akreditasi, photo pendukung serta Kartu Kendali.
  • Langkah awal selanjutnya adalah Klik tombol menu untuk memasukkan prasyarat sekolah yang akan di akreditasi.
  • Akan muncul 6 form isian dokumen yang digunakan untuk memasukkan dokumen berbentuk PDF atau Doc (Dokumen) dengan cara menekan Choose File
  • Keenam dokumen tersebut adalah surat ijin operasional, daftar siswa tiap kelas, data PTK, pernyataan pemberlakuaan kurikulum, Daftar Lulusan 1 tahun terakhir dan data sarana dan prasarana.
  • Untuk merubah atau mengedit kembali data atau dokumen yang sudah ada, klik Choose File lalu cari dokumen yang akan mengganti file atau dokumen yang sudah ada.
  • Apabila langkah tersebut selesai, selanjutnya klik Input Evaluasi Diri
  • Untuk menginput evaluasi diri akan muncul jendela penilaian akreditasi terhadap sekolah, sistem penilaian dimunculkan butir demi butir serta menurut standar, yang dimulai dari butir 1 pada standar isi.
  • Untuk memberikan penilaian klik langsung pilihan a,b,c,d,e yang sudah ada. Jika sudah terpilih akan berubah menjadi warna hijau. Seperti terlihat pada gambar ini.
  • Klik tombol Next untuk beralih ke butir selanjutnya.


Untuk lebih jelasnya silahkan Bapak/ibu guru Downlod PanduanSisPenA S/M terbaru Bagi Sekolah yang dilengkapi dengan gambar dapat anda unduh DISINI atau dibawah ini.



Dengan hadirnya Panduan Lengkap SisPenA S/M terbaru bagi Sekolah ini, mudah – mudahan bapak/ibu guru dapat mengakses aplikasi SispenA dengan benar dan semoga sukses sesuai yang diharapkan.