Cara Daftar PPG 2022 Dalam Jabatan Di ppg kemdikbud ( PPGJ 2018 - 2022)

Cara Daftar PPG 2022 Dalam Jabatan Di ppg.kemdikbud - Benarkah tahun 2022 dibuka lagi pendaftaran peserta PPG tahap 2022 ? Menurut informasi program PPG memang akan dibuka lagi tahun ini, dan selanjutnya diganti dengan program terbarunya yaitu PPG Dalam Jabatan tahun 2022. Rangkaian mendaftar PPG sudah dibuka sejak Kemendikbud Dirjen GTK mengumumkan terkait Pendidikan Profesi Guru (PPG) 2022 untuk pelaksanaan PPG Dalam Jabantan 2018-2022 melalui akun SIM PKB, selain itu terdapat informasih undangan untuk PPGJ. Perubahan program terbaru pemerintah ini melalui kementrian pendidikan dan kebudayaan tidak cuma PPG, tetapi penerbitan SKTP pun melalui akun SIM PKB.

Cara Daftar PPG 2022 Dalam Jabatan Di Sim PKB
Cara Daftar PPG 2022 Dalam Jabatan Di Sim PKB


Jika bapak/ibu guru akan Daftar PPG 2022 pastikan sudah memenuhi kriteria dan persyaratan yang berlaku, silahkan cek daftar nominasinya melalui aplikasi SIM PKB, dengan menggunakan akun individu masing-masing. Nah kesempatan kali ini admin akan memberikan tata cara daftar PPG di SIM PKB 2022 untuk mendapatkan sertifikasi. Sertifikat Pendidik yaitu bukti formal untuk pengakuan yang diberikan kepada Guru sebagai tenaga profesional.

Panduan Linearitas PPG Melalui SIM PKB.pdf
Kenapa guru yang akan mendapatkan sertifikasi harus daftar PPG di SIM PKB? hal ini sebagai bukti formal pengakuan yang diberikan kepada Guru sebagai tenaga professional. Untuk lebih jelasnya berikut Syarat Dan Cara Daftar PPG 2021/2022 di LPMP melalui SIM PKB yang dapat anda simak dibawah ini:

Cara Daftar PPG 2022 Dalam Jabatan Di Sim PKB Untuk  Mendapatkan Sertifikasi


Namun sebelum melakuka pendaftaran PPG pastikan Anda harus mempersiapkan persyaratannya terlebih dahulu sesuai surat edaran yang telah diterbitkan oleh  Kemendikbud melalui Dirjen GTK  terkait PPG 2022 untuk pelaksanaan PPGJ Dalam Jabatan tahun 2018-2022. GTK harus melakukan proses pendaftar PPG 2022 di SIM PKB sesuai syarat yang ditentukan.

Berikut syarat umum bagi guru yang akan mendaftar peserta seleksi PPG 2022 untuk pelaksanaan PPGJ atau PPG Dalam Jabatan tahun 2022, demi mendapatkan sertifikasi yaitu sebagai berikut :

Syarat PPG Dalam Jabaran

  • Belum Sertifikasi
  • Harus S1/D4
  • Harus PNS, GTY atau Guru Honor Daerah
  • TMT Pengankatan dibawah 31 Des 2015
  • Belum pensiun, usia 58 th atau usia paling tua kelahiran tahun 60, usia paling muda kelahiran '95 (asumsi sudah lulus S1)
  • Tidak harus memiliki NUPTK
  • Punya no.peserta UKG dan harus masuk SIM PKB

Syarat diambil dari Dapodik per tanggal 31 Juli 2021



Langkah - langkah Cara Daftar Calon PPG di SIM PKB

Untuk pendaftaran bidang studi bagi caloan peserta PPG dimulai, maka dari itu cek berkala akun simpkn nya.

Adapun Cara Login PPG di PENDAFTARAN.PPG.KEMDIKBUD yaitu sebagai berikut :
  1. Untuk login pendaftaran PPG silkan masuk alamat https://pendaftaran.ppg.pp.kemdikbud.go.id/ atau Disini
  2. masukan Username dan Password sim pkb masing-masing.
  3. Jika berhasil login, sistem akan menyeleksi data GTK anda berdasarkan database Dapodik, apakah anda termasuk daftar Nominasi Calon Peserta PPG atau tidak.
  4. Bagi anda yang masuk kriteria peserta PPG, akan ditampilkan kotak dialog undangan sebagai peserta diklat PPG tersebut.
  5. Untuk mengajukan diri sebagai peserta diklat, klim tombol mendaftar pada kotak dialog tersebut
  6. Pada halaman baru yang muncul, klik tombol Mendaftar Sekarang.
  7. Selanjutnya, lengkapi data ajuan anda pada halaman formulir pendaftaran. pastikan data yang anda isikan sesuai dengan Ijazah anda.
  8. Jangan lupa Cek lagi data yang Anda daftarkan, siapatahu ada yang tidak sesuai. Bila data telah sesuai klik DAFTARKAN.
  9. Pada kotak dialog yang muncul, klik tombol CETAK BUKTI AJUAN. untuk mencetak surat Ajuan Pendaftaran Peserta PPG Anda.
  10. Setelah itu, berikan surat tersebut kepada LPMP Provinsi setempat untuk di Verifikasi terhadap ajuan pendaftaran Anda. Kasihkan contoh surat TANDA BUKTI PENGAJUAN PESERTA PROG. PENDIDIKAN PROFESI GURU.
  11. Untuk tahap terakhir Pantau Terus ajuan anda pada halaman tersebut. Halaman Tersebut dapat anda akses melalui menu Prog. Pendidikan Profesi Guru di beranda akun simpkb.

Nah itulah Cara Daftar PPG 2022 Di Sim PKB dalam jabatan demi mendapatkan serifikasi guru . Namun bila Anda mendapatkan permasalahan tidak menerima undangan PPG, satminkal tadak ditemukan/beda lokasi, data individu derbeda dan lain-lain, maka Anda dapat mengajukan formulir pengaduan SIMPKB di ULTK

Download Panduan Pelaksanaan dan Pembiayaan PPG

Perlu diketahui bagi yang sudah mendaftar PPG akan dilakukan pretest, untuk pelaksanaan pretes PPG nanti akan di di informasikan di akun sim pkb masing-masing. Hasil pretest ini akan menjadi acuan pelaksanaan PPG 2022. Jadi pastikan hasil pretest ini harus semaksimal mungkin agar nilainya dapat maksimal.

Pertanyaan-pertanyaan yang sering ditanyakan oleh guru yaitu apakah PPG ini dibiaya pemerintah atau mandiri? Menuru konfirmasi ke LPMP biayanya di tanggung oleh pihak mengundang (pemerintah pusat).


Jangan lupa untuk baca panduan langkap Cara Daftar PPG 2022 terbaru plus gamabar yang dapat anda unduh dibawa ini :


Download Surat Edaran Syarat dan Tata Cara Daftar Calon Peserta PPG 2022 LINK DISINI

Demikian artikel yang dapat admin berikan mengenai Cara Penaftar PPG 2022 Dalam Jabatan Di Sim PKB demi mendapatkan setifikasi. Terimakasih dan semoga bermanfaat.